Cerita Mistis 3 Tempat Paling Angker di Pulau Kematian Nusakambangan

Cerita Mistis – selain dikenal sebagai penjara yang ketat juga dijuluki Pulau Kematian. Musababnya, ratusan orang bahkan ribuan narapidana mati secara tak wajar. Kebanyakan dari mereka dieksekusi dan terjangkit wabah malaria, seperti yang diriwayatkan pada masa kolonial Belanda. Tak aneh jika banyak cerita mistis bertebaran.

Pagi sekitar pukul 08.45 WIB, Kapal Pangayoman buang sauh dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menyeberang Selat Nusakambangan. Beberapa kapal tanker tampak angkuh membuang jangkar di Dermaga Pertamina utara Dermaga Sleko.

Mesin Kapal Pengayoman IV menderu-deru, melaju diikuti kecipak air yang tak biasanya berarus tenang, Sabtu 5 Agustus 2017. Sektar 400 meter dari lintasan kapal, tongkang pabrik semen bersandar menampung ribuan ton kapur dari bukit-bukit karst Nusakambangan.

Tak lama kemudian, Dermaga Sodong tampak dari kejauhan. Samar-samar, terlihat plang berwarna merah dengan huruf berwarna kuning pudar ‘Pemasyarakatan Nusakambangan’. Plang yang konon membuat nyali langsung ciut.

Begitu turun dari kapal, kami bertujuh diajak rombongan kepala kanwil yang akan melakukan kunjungan atau sidak dalam bahasa kekinian, ke tujuh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan. Kami bertujuh, para jurnalis kesasar, terbagi menjadi dua rombongan.

Empat kawan menumpang di salah satu mobil dobel kabin. Sementara, saya, dengan dua kawan wartawan lainnya, diangkut dengan mobil kelas niaga biasa.

Bak tamu kehormatan, ternyata yang berada di belakang sopir adalah Pak Eddy. Nama Lengkapnya, Eddy Teguh Widodo, kepala Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan. Bersama Eddy, di kursi depan, adalah Dwi Agus Setiabudi, Kalapas Kelas IIA Kendal, Semarang.

Kami harus tergesa-gesa, demi mengejar rombongan Kanwil Kemenkumham dan Kalapas lain yang mengendarai mobil double gardan. Maklum, sebagian jalan di Nusakambangan, sempit dan banyak lobang.

“Ya begini kondisinya, Mas,” kata Eddy, sembari mengemudi jalan sempit dan berkelak-kelok.

Dalam kesempatan menyusuri Pulau Kematian, Eddy bercerita mengenai tiga tempat paling angker yang ada di Nusakambangan. Berikut ulasannya.

 

Facebook Comments
Share Button