5 Mitologi Di Lautan

Lautan memang masih banyak menyimpan misteri, banyak yang masih belum terungkap, Dalam beberapa negara mempunya mitologi sendiri tentang makhluk makhluk di lautan.
Pastinya semua menyeramkan, tapi keberadaannya masih belum dapat dipastikan secara nyata.
Berikut ini beberapa mitologi mitologi di lautan versi Gajjah.com:

1. Leviathan
Leviathan adalah ular raksasa yang sangat jahat berkepala tujuh. Leviathan adalah makhluk raksasa yang hidup di lautan. Ia mempunyai kulit sangat keras yang mampu menghancurkan semua senjata di dunia ini. Selain itu juga Leviathan memiliki mata yang bercahaya yang dapat digunakan untuk melihat di kedalaman lautan yang paling dalam dan gelap.

leviathan

2. Sirens
Sirens adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani dan ia termasuk kaum Naiad (salah satu kaum yhang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Sirenum scopuli. Atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum. Pulau Anthemusa, agen poker online pulau Sirenusian dekat Paistum, atau di Capreae. Semua tempat itu adalah tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Mereka menyanyikan lagu lagu memikat hati yang membuat para pelayar yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam

Sirens

Pada awal mula Sirens dilukiskan sebagai burung berkepala besar dengan kaki bersisik kadang kadang sebagi bayangan hantu seekor singa, kemudian mereka dilukiskan sebagai sosok wanita berkaki burung, dengan sayap ada pula yang tanpa sayap. Sedang memainkan alat musik khususnya Harpa.
Ensiklopedia abad ke 10 menerangkan bahwa wujud Siren dari dada keatas menyerupai burung gereja sedangkan badan bagian bawah adalah wanita atau kadang kadang mereka dilukiskan sebagai burung kecil berwajah wanita. Wujud ini dipilih karena kelebihan mereka yang mempunyai suara yang merdu.

Dan pada masa masa berikutnya Sirens dilukiskan sebagai wanita canti atau bahkan menyerupai puteri duyung.

3. Charybdis
Dalam mitologi Yunani, Kharibdis adalah seekor monster laut anak Poseidon dan Gaia. Dia berwujud makhluk yang seluruh wajahnya adalah mulut dan memiliki sirip. Dia menelan sejumlah besar air untuk kemudian dimuntahkan kembali dan menimbulkan pusaran air. Menurut pendapat lainnya, Kharibdis adalah pusaran air itu sendiri. Kharibdis sangat setia pada ayahnya dan sering membantu Poseidon. Dia awalnya adalah seorang perempuan yang cantik tetapi dia diubah menjadi monster oleh Zeus karena sering membuat badai di laut, menenggelamkan daratan dan menjadikannya lautan. Kharibdis berdiam di suatu tempat di dekat Skilla. Kapal yang melalui tempat Kharibdis akan dihancurkan oleh pusaran airnya.

Charybdis

4. Scylla
Skilla adalah monster laut yang di pinggangnya ada beberapa kepala anjing yang buas. Skilla tinggal di suatu tempat di dekat Kharibdis ( pusaran air raksasa ) dan di antara mereka hanya ada suatu celah sempit sehingga jika ada pelaut yang melalui tempat tersebut, pelaut tersebut harus memilih antara dihancurkan oleh Kharibdis atau dimakan oleh Skilla.

Skilla awalnya adalah seorang perempuan cantik. Suatu hari ada seorang dukun bernama Kirke yang cemburu karena lelaki yang dicintainya malah mencintai Skilla. Kirke lalu menuangkan ramuan di atas tubuh Skilla ketika Skilla sedang mandi, akibatnya dari tubuh Skilla muncul kepala-kepala monster. Lama-kelamaan Skilla benar-benar berubah menjadi monster secara keseluruhan

Scylla

5. Kraken
Siapa yang tidak pernah mendengar kraken, namanya mungkin sudah tidak asing lagi di dunia kita bahkan sudah banyak dibuat film layar lebarnya. Kraken adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah. Kata Kraken sendiri berasal dari Kata “Krake” dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita.

Kraken

Menurut Pontopiddan (Seorang Uskup yang juga Naturalis), Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan memiliki tentakel seperti bintang laut. Ia juga menyebutkan kalau makhluk ini bisa menggulung kapal yang lewat dengan tentakelnya dan menariknya ke dasar lautan. Namun, menurut Pontopiddan, bahaya terutama dari Kraken adalah riak air yang dashyat ketika ia menyelam ke dalam laut. Riak itu bisa menenggelamkan kapal yang ada di dekatnya.

Menariknya, selain menggambarkan Kraken sebagai makhluk yang berbahaya, Pontopiddan juga menulis mengenai sisi lain dari makhluk misterius ini. Ia menyebutkan kalau ikan-ikan di laut suka berada di dekat Kraken. Karena itu juga, para nelayan Norwegia yang mengetahui hal ini suka mengambil risiko untuk menangkap ikan dengan membawa kapalnya hingga berada tepat di atas Kraken.

Facebook Comments
Share Button