CROWN-NEW-527x65 SARANA-728x90 simpatiqq mwtoto asuspoker

Cerita Mistis Utan Itik Menjelma Jadi Rumah Sakit Ternama

Cerita Mistis Utan Itik Menjelma Jadi Rumah Sakit Ternama. Jakarta- Mistis serta angker, seperti itu kesan beberapa daerah di Jakarta era dahulu. Sampai 1970- an, wilayah yang tadinya bernama Batavia itu banyak ditemui belantara ataupun perkebunan dengan jumlah penduduk yang dapat dihitung jari. daftar poker

Cerita Mistis Utan Itik Menjelma Jadi Rumah Sakit Ternama – Kesan mistis serta angker pula nampak di kawasan Fatmawati, tepatnya di kawasan yang saat ini menjelmah jadi Rumah Sakit Fatmawati. Dekat 50- 60 tahun kemudian, ataupun masa 1950- an, kawasan yang masuk Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan itu, masih berbentuk hutan jati serta perkebunan angker. Nyaris tidak terdapat penduduk tinggal di mari tidak hanya garong ataupun perampok. Tempat ini jadi posisi berkumpulnya para penjahat buat berkumpul serta bagi- bagi hasil jarahan. saranacash

Tidak cuma itu, kawasan Rumah sakit Fatmawati dahulu pula diketahui dengan kemistisannya. Satu cerita mistis yang melegenda merupakan konon sering terdengar suara anak itik( ayam) dari tempat ini. Daftar SBOBET

Anehnya, dikala dikunjungi tidak ditemui satu juga anak itik. Suara anak itik hendak lenyap berpindah tempat yang bertentangan bila terdapat orang yang menelisik buat mencari keberadaannya. Tidak heran, masyarakat dekat juga kesimpulannya menyebut kawasan ini bagaikan Utan Pitik.

Tetapi, tipe lain menyebut, kawasan ini diucap Utan Itik sebab memanglah dululah banyak ditemui bebek, ayam liar berkeliaran di tempat ini.

Tokoh Betawi Ridwan Saidi, dalam bukunya Profil Orang Betawi( 2001) menyebut, kawasan Utan Itik terletak di posisi Rumah sakit Fatmawati dikala ini. Tempat tersebut tidak masuk dikala pemerintah mencanangkan pembangunan daerah Jakarta Selatan pada 1949. Pembangunan daerah Kebayoran Baru dikala itu, cuma menjangkau sampai kawasan Blok A.

Pembangunan di kawasan Utan Itik baru diawali dari gagasan Fatmawati Soekarno. Bunda Negeri itu mau membangun rumah sakit buat pengidap tuberculosis( TB) anak( 1953). Peletakan batu awal rumah sakit dicoba pada 2 Oktober 1954 oleh Fatmawati Soekarno.

Pembabatan hutan jati serta zona perkebunan juga dicoba bersamaan pembangunan rumah sakit. Cerita mistis

tentang Utan Itik juga menghilang dengan sendirinya.

Kawasan Fatmawati Kini

Berdirinya Rumah sakit Fatmawati menghapus keangkeran serta cerita mistis Utan Pitik. Lama- lama tetapi tentu, kawasan ini tumbuh.

Pendatang baru juga berdatangan. Tidak cuma masyarakat Betawi, pendatang dari luar Jakarta pula banyak memilah tinggal di dekat rumah sakit. Kebutuhan tempat tinggal juga bertambah.

Fatmawati saat ini menjelmah jadi kawasan yang padat. Tidak hanya permukiman baru, beberapa kantor serta ruko pula bertebaran di dekat rumah sakit sampai Blok Meter.

Kawasan Rumah sakit Fatmawati saat ini pula jadi salah satu titik kemacetan parah di Jakarta, spesialnya di jam berangkat serta kembali kantor. Kemacetan terus menjadi jadi bersamaan pembangunan proyek Mass Rapit Transit( MRT) yang melewati jalur Fatmawati mengarah Blok Meter Jakarta Selatan. Kawasan Fatmawati yang dahulu sepi penuh teka- teki saat ini merubah bising dengan jutaan kendaraan bermotor kemudian lalang tiap harinya.

Rumah sakit Fatmawati juga terus tumbuh. Rumah sakit ini tidak lagi cuma jadi rumah sakit TB. Bersumber pada Pesan Keputusan Menteri Kesehatan 12 April 1961 guna rumah sakit berganti jadi rumah sakit universal. Penyelenggaraan, pembiayaan serta pemeliharaan rumah sakit dilaksanakan oleh serta dengan anggaran Kementerian Kesehatan. Keputusan ini mulai berlaku 15 April 1961 serta berikutnya diresmikan bagaikan hari jadi rumah sakit tersebut.

Setelah itu, atas usulan Dokter R Soehasim selaku direktur kepada Fatmawati Soekarno, pada 23 Mei 1967, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan pergantian nama RSU Bunda Soekarno jadi Rumah sakit Fatmawati sekalian pemberian nama Jalur Rumah sakit Fatmawati di depan kawasan rumah sakit sampai kawasan Cipete.

Cerita Mistis Utan Itik Menjelma Jadi Rumah Sakit Ternama

Facebook Comments
Share Button