CROWN-NEW-527x65 SARANA-728x90 simpatiqq mwtoto asuspoker ASIK77

Fakta di Balik Gempa Bumi yang Jarang Orang Tahu

Fakta di Balik Gempa Bumi yang Jarang Orang Tahu – Gempa bumi telah terdapat semenjak dulu sekali. Fakta pada masa kemudian itu dapat ditelusuri sampai tahun 1831 Saat sebelum Masehi di Provinsi Shandong, Cina. Tetapi, pencatatan yang lumayan lengkap baru mulai dicoba pada tahun 780 SM, sepanjang masa pemerintahan Dinasti Zhou di Cina. saranacash

Kala itu, orang- orang tidak paham kenapa tanah yang mereka pihak berguncang hebat– yang tidak cuma berakibat menghancurkan, tetapi pula dapat mengundang gelombang raksasa tiba serta menerjang. Casino Online

Juga dengan masyarakat Jepang, dikala gempa Ansei- Nankai pada 1854 menghabisi dekat 10. 000 nyawa.

Mereka padat jadwal menyalahkan hewan mistis, seekor lele raksasa atas kematian serta kehancuran akibat gempa yang diperkirakan berkekuatan 8, 4 skala Richter itu.

Lele bernama Namazu itu konon tinggal di perut bumi, pas di dasar Jepang. Gerakan liar ikan bercorak gelap serta berkepala gepeng itu diyakini merangsang guncangan hebat.

Cuma Dewa Kashima yang dapat mengatur polahnya. Memakai batu besar yang diletakkan di kepala hewan itu. Mirip matador yang menunggang banteng.

Dikala pengawasan Dewa Kashima lengah, Namazu jadi liar. Gempa juga terjalin. Di tempat serta latar budaya yang berbeda, orang- orang menyalahkan kura- kura, sapi, babi, babi rusa, amarah dewa, sampai penghukuman atas dosa- dosa manusia selaku pemicu lindu.

Baru pada 1760, pemicu gempa dipaparkan secara ilmiah oleh insinyur asal Inggris John Michell– yang setelah itu jadi ayah seismologi awal. Dia menyebut, gempa serta gelombang tenaga yang diakibatkannya diakibatkan perpindahan batuan yang terletak jauh di dasar tanah.

Fakta di Balik Gempa Bumi yang Jarang Orang Tahu – Walaupun gempa sudah mengguncang di sejauh peradaban manusia, tetapi, terdapat beberapa kenyataan gempa yang belum banyak dikenal orang, dari yang terdengar ilmiah sampai yang seolah edan– yang tidak terbayangkan.

Bulan Maret Sangat Berpotensi Gempa?

1. Pada tahun 2010, pakar dari Missouri University of Science& Technology. Stephen S. Gao berkata, kurun waktu 15 ke balik, kegiatan seismik Bumi jadi lebih aktif. Tetapi tidak seluruh ilmuwan sepakat dengannya.

pakar geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia( LIPI), Dokter Danny Hilman Natawijaya berkata, gempa makin kerap terjalin pasca lindu dahsyat serta tsunami Aceh pada 2004.

” Gempa Aceh 2004 menaikkan tekanan pikiran( tekanan). Semacam kita, Bumi pula dapat tekanan pikiran. Gempa besar menaikkan tingkat tekanan pikiran,” tambah ia.

2. Kota San Francisco bergerak mendekati Los Angeles, rata- rata 2 inchi per tahun– kecepatan yang sama semacam perkembangan kuku tangan Kamu.

Pergerakan tersebut terjalin kala 2 sisi patahan( fault) San Andreas silih menghujam satu sama lain. Dalam sebagian juta tahun lagi, kedua kota tersebut hendak menyatu.

Tadinya, gempa dahsyat yang mengguncang Baja, California serta barat energi Amerika Serikat, 4 April 2010, sudah menggeser batasan Kota California. Demikian dibeberkan radar Tubuh Antariksa AS, NASA.

Calexico, California– dekat perbatasan AS- Meksiko beralih lebih dari 2, 5 kaki ataupun 80 cm ke selatan serta permukaannya turun akibat gempa dengan kekuatan 7, 2 skala Richter.

Gempa dahsyat diucap El Mayor- Cucapah, berpusat di 52 km sebelah selatan dari tenggara Calexico– ini merupakan gempa terbanyak yang mengguncang daerah itu dalam 120 tahun.

3. Beberapa orang meyakini, Maret merupakan bulannya gempa. Tetapi, asumsi itu tidak ilmiah.

Memanglah benar, pada bertepatan pada 28 Maret 1964, Prince William Sound, Alaska, dikejutkan gempa 9, 2 skala Richter– salah satu yang terbanyak yang sempat mengguncang.

Sebanyak 125 orang wafat dunia kala itu. Lindu pula menimbulkan kerugian properti sebesar US$ 311 juta.

Sedangkan, pada 9 Maret 1957, Andreanof di Kepulauan Alaska dikejutkan lindu dengan kekuatan 9, 1 SR.

Tetapi, 3 gempa terbanyak di AS yang terjalin setelah itu pada bulan Februari, November, serta Desember.

Gempa besar yang mengguncang Chile pada 2010 terjalin pada bertepatan pada 27 Februari. Serta lindu dahsyat 9, 1 SR yang diiringi tsunami dahsyat di Aceh serta beberapa daerah pesisir Samudera Hindia terjalin pada 26 Desember 2004.

Walaupun demikian, gempa 9 SR serta tsunami Jepang yang membunuh dekat 15 ribu orang serta merangsang krisis nuklir sangat parah semenjak Perang Dunia II di Negara Sakura– terjalin pada 11 Maret 2011.

Fakta di Balik Gempa Bumi yang Jarang Orang Tahu

Facebook Comments
Share Button