Kisah Mistis Batu Merah Raksasa Argopuro

 

Cerita Mistis dari Gunung Argupuro juga diwarnai dengan adanya batu merah yang konon setinggi rumah. Menurut cerita setiap hari Jum’at Legi di bulan tertentu Batu ini akan mengeluarkan sinar berwarna merah. Akan tetapi di hari hari biasa batu merah ini hanya seperti batu biasa pada umumnya yang berawarna abu abu kehitaman.

Keberadaan batu merah ini bisa dilihat jika pendaki naik dari desa bremi, kabupaten Probolinggo. Jalurnya sendiri melewati Gunung Jambangan, Alun alun kecil lalu ke arah kanan menuju Gunung Pandu yang juga terdapat kuburan Juknore.

Perjalanan dilanjutkan ke Gunung Semen lalu, Alun-alun lonceng dan gunung slongi di ataas ketinggian 2.929 meter di atas permukaan laut.

”Batunya memang ada dan akan berwarna merah pada Jum’at legi di bulan tertentu. Di dekat Batu merah tersebut ada makam tua juga” ucap Arifin, warga Desa Bremi, Kabupaten Probolinggo, Jatim, yang juga bekerja di BKSDA Jatim.

Ada lagi kisah batu merah ini yang pernah dialami oleh Mbah Darto laki laki berumur 80 tahun ini yang menjadi sesepuh di Desa Baderan, Kabupaten Situbondo, Jatim beberapa puluh tahun lalu, Mbah Darto pernah bermimpi tentang keberadaan Batu Merah tersebut.

”Saya pernah bemimpi tentang lokasi Batu merah tersebut dan itu letaknya jauh dari kerajaan Rengganis Saat saya cari, ternyata memang ada wujud Batu Merahnya. Namun Dewi rengganis sangat membenci batu merah tersebut,” kata Mbah Darto menggunakan bahasa Madura Asli.

Sesepuh Desa Baderan yang pernah bermimpi jika Dewi Rengganis membawa sebilah pedang dan akan menghancurkan Batu merah tersebut.
Mimpi tersebut dialaminya tahun 1960 dan hingga kini mbah Darto bersama pada warga Desa Baderan lainnya masih percaya terhadap cerita tersebut.

Menurut beliau, ada orang orang tertentu yang akan didatangi oleh Dewi Rengganis di dalam mimpi. Wujud Dewi Rengganis memang perempuan cantik bergaun merah, tapi dia tidak pernah menampakkan bentuk wajahnya secara jelas.

Facebook Comments
Share Button